Mardianis

Saya Anies Piliang dari Paninjauan Solok. Merantau ke Bogor. Alhamdulillah, sudah 30 tahun mengadu nasib di Kota Hujan. Saat ini saya bertugas di SMPN 13 Kota B...

Selengkapnya
Navigasi Web
Bete di Rumah?(Tantangan Menulis Hari ke 82)TantangabGurusiana

Bete di Rumah?(Tantangan Menulis Hari ke 82)TantangabGurusiana

Biasanya berangkat pagi-pagi dan pulang sore hari. Sudah hampir 3 minggu di rumah. Mau kemana-mana terpaksa dipikir-pikir dahulu. Kecuali kalau ke pasar. Mau tidak mau harus ke pasar. Dua hari sekali atau 3 hari sekali. 

Belajar online tidak tiap hari. Sesuai dengan jadwal saja. Seminggu 2 kali pertemuan. Minggu ketiga hanya memberi tugas 1 kali saja. Kawatir anak-anak stress dengan tugas yang menumpuk. Tugasnya tidak terlalu beratlah. Menyesuaikan dengan tingkat kemampuan siswa.

Bosan sudah mulai menggerogoti. Jenuh tingkat tinggi. Aku menyalakan motor pergi ke luar. Aku ajak ponakan jalan-jalan memutari kota. Jalanan sedikit lengang. Tidak seperti biasanya, macet merayap. Tetapi masih banyak juga yang berseliweran di jalanan. Bagaimana lagi? Orang-orang punya urusan yang amat penting. Terutama untuk memenuhi urusan perut. Mereka mendapatkan uang bila mereka menjajakan dagangan. Pedagang kecil yang semata-mata mengharapkan rezeki hanya dari dagangannya. Bila tidak jualan ya dapur tidak ngebul. Apalagi bila anggota keluarganya banyak. Mau dikasih makan apa?

Setelah memutari kota, aku arahkan motorku menuju Ciapus. Tepatnya Pondok Bitung. Di sana ada saudara yang menunggi kebun. Kebun milik saudara suami yang tinggal di Jakarta. Tanahnya cukup luas. Tidak begitu terawat. Karena tidak bisa dipegang semuanyanya. 

Ponakan mengoreh-ngoreh singkong di pinggir parit. Asyik mengoreh-ngoreh parit, nyamuk dan lainnya tidak dihiraukan. Ember hitam sebagai wadah singkong hampir penuh.  Setelah ditimbang  dapat 6 kg. Heemm, lumayan. Kebetulan tidak jauh dari kebun ada yang menerima jasa mengiris singkong. Ada alat kusus untuk mengiris. Hasil irisan hampir satu kantong plastik besar. 

Waduh, menghabiskan berapa kilo minyak goreng ini? Stok minyak bisa habis.

Kilat menyambar. Gemuruh di langit. Awan menghitam.  Hujan sudah turun walau belum deras segera aku pacu motor pulang ke Cipaku. Jas hujan ada 2 tetapi malas memakai. "Nggak usahlah, tanggung, mau mandi" jawab ponakan ketika aku tanyakan mau pakai jas hujan nggak?

Hujan-hujanan seru juga. Merasa kembali seperti anak-anak. Senang bermain hujan.

Setiap belokan dilewati dengan senyum mengembang. Sejenak rasa suntuk hilang lenyap.

Sampai di rumah, mandi dulu, salat asar. Selesai salat ternyata ponakanku yang laki-laki sudah menggoreng keripik singkong yang kami bawa tadi. Sudah hampir setengah toples besar. 

Gantian ponakan perempuan yang melanjutkan menggoreng. Capek katanya. Yach, sudah sekarang giliran aku. Dapur kami kecil, tidak bisa beberapa orang di dapur. Maklum dapur cadangan. Gudang yang disulap menjadi dapur. Dapur sebenarnya ada di bawah. Cukup luas dan leluasa.  Lantai bawah ditempati ponakan suami sekaligus tempat usaha produksi donat. Akhirnya kami buat lagi dapur di atas, tidak capek bolak-balik, naik turun tangga.

Sisa sedikit lagi singkong yang belum digoreng. Gas pun habis. Aku bujuk nak bujangku untuk membeli gas. Aku panggil ponakan laki-laki yang lagi asyik vidio call, entah dengan siapa.

"Tolong pasang gas ya!" Dia langsung berdiri, memasang gas dan melanjutkan menggoreng sisa singkong. Aku bisa duduk sebentar menikmati tayangan tv.

Keripik yang sudah digoreng dikemas dalam beberapa toples dengan berbagai ukuran. Kemudian beberapa toples dibagikan ke tetangga.

Alhamdulillah, senangnya berbagi

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

gurih seperti tulisannya, kriuk-kriuk

05 Apr
Balas

Achh masa iya Bu Esti, terimakasih sudah mampir, semoga sehat selalu ya Bu, Aamiin Aamiin YRA

06 Apr



search

New Post