Mardianis

Saya Anies Piliang dari Paninjauan Solok. Merantau ke Bogor. Alhamdulillah, sudah 30 tahun mengadu nasib di Kota Hujan. Saat ini saya bertugas di SMPN 13 Kota B...

Selengkapnya
Navigasi Web
Teks Ulasan (Tantangan Menulis Hari ke 10)TantanganGurusiana

Teks Ulasan (Tantangan Menulis Hari ke 10)TantanganGurusiana

Teks ulasan salah satu materi Bahasa Indonesia di kelas VIII (Teks Ulasan). Bahkan tidak hanya di kelas VIII, di kelas IX juga dipelajari (Teks tanggapan), dan mungkin di SMA nanti juga ada (Resensi ). Walaupun nama atau istilahnya berbeda namun yang dimaksudkan tetap sama.

Teks ulasan merupakan teks yang memberikan penghargaan atau penilaian terhadap suatu karya. Karya itu bisa saja novel/cerpen, film/drama, Buku pengetahuan populer, lukisan, dan lain-lain.

Bagaimana cara memberikan penilaian terhadap sebuah karya? Buku misalnya. Nah, pertama baca dan pahami isi buku. Setelah itu catat bagian identifikasi bukunya (judul, pengarang, penerbit, tahun terbit sampai tebal buku). Buatlah orientasi dari buku tersebut (pemaparan umum tentang buku yang dibaca) atau pengantar dari buku. Langkah selanjutnya tuliskan sinopsis atau ringkasan isi buku, lalu analisis unsur-unsur buku tersebut. Langkah terakhir yaitu evaluasi, memberikan penilaian (tanggapan, pujian/kritikan) terhadap buku secara keseluruhan. Pujian merupakan tanggapan yang berkaitan dengan kelebihan isi buku sedangkan kritikan tanggapan terhadap kekurangan isi buku.

Pada minggu lalu kegiatan anak-anak mengulas buku cerita yang mereka miliki, tentunya buku itu sudah dibaca berulang-ulang. Berdasarkan beberapa contoh di buku paket, anak-anak dapat memahami maksud kegiatan ini dengan mudah. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan mengulas karya teman. Karya yang diulas berupa lukisan atau gambar. Cara mengulasnya sama, bedanya mungkin gambar atau lukisan tidak adanya sinopsis.

Nah, contoh di atas salah satu karya siswa kelas 8f, Siti Fauziah. Dia sangat berbakat. Lembaran-lembaran bukunya penuh gambar dengan karakter yang sama. Adakah yang mau memberikan tanggapan terhadap karya tersebut? Ditunggu ya!

Pamoyanan, 24 Januari 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post