Mardianis

Saya bukanlah siapa siapa, dan juga tak punya apa-apa, hanya karena ingin menambah wawasan, teman, serta pengalaman saya beranikan diri untuk bergabung di group...

Selengkapnya
Navigasi Web
Karupuak Leak (Kuah Sate Padang)

Karupuak Leak (Kuah Sate Padang)

Setiap daerah pasti memiliki jajanan khusus dari khas daerah masing-masing. Termasuk di daerah Sumatera Barat. Salah satu jajanan yang paling terkenal dan kini sangat legendaris disana adalah karupuak leak. Jajanan ini disebut juga dengan karupuak mie atau karupuak kuah sate.

Jajanan ini populer sekali sebagai salah satu snack di masa kecil. Tak heran bila kemudian jajanan ini menjadi sangat legendaris untuk anak-anak Minangkabau. Bahkan, jika dulunya kerupuk yang unik ini hanya dijual di depan SD saja, kini Anda bisa menemukannya dimana-mana. Banyak tempat wisata yang menjual jajanan khas Sumatera Barat ini. Meskipun harganya terbilang sedikit lebih mahal dari harga seharusnya. Namun, jajanan ini tetap populer di kalangan semua orang. Bahkan, tak hanya di Sumatera Barat saja, beberapa kota besar lainnya, seperti Jakarta juga menjual kerupuk ini. Di mana ada orang minang di sana ada karupuak leak.

Asal Mula Karupuak Leak

Meskipun kerupuk ini begitu terkenal, namun ternyata sampai sejauh ini tidak banyak orang yang tahu tentang bagaimanakah sejarahnya. Hampir semua orang tidak dapat memastikan dari manakah asal nama karupuak leak ini. Karena kerupuk ini memiliki bayak versi. Salah satunya adalah berupa kerupuk yang kemudian disiram dengan kuah sate. Setelah itu, jajanan ini ditambahkan dengan mie tepat dibagian atasnya. Rasanya sendiri sangat renyah dan gurih. Hanya saja, setelah lama-lama dibiarkan, kerupuk ini bisa menjadi lembek.Karena kerupuknya telah disiram oleh kuah sate di atasnya.

Dari sinilah, kemudian dinamakan sebagai karupuak leak. Karena saat memakannya, besar kemungkinan akan membuat siapapun yang menyantapnya menjadi berantakan. Semua orang yang menyantapnya pasti akan ketumpahan oleh kuah sate.

Ditinjau dari bahasa Minang, kata tumpah ini disebut juga dengan baleak. Maka dari itulah, tak heran bila kemudian kerupuk ini dinamakan sebagai karupuak leak. Untuk bahan dasarnya sendiri dari singkong yang kemudian dilumat. Setelah itu, singkong tersebut dihancurkan dan diolah menjadi sebuah kerupuk.

Untuk bentuknya adalah lingkaran pipih. Jika Anda menemukannya di Jakarta dan sekitarnya, kerupuk ini hampir mirip sekali opak kali. Hanya saja rasanya lebih padat, garing, dan juga renyah. Maka dari itulah, jika berkunjung ke Sumatera Barat, Anda wajib mencobanya.

Keunikan Cara Makan Kerupuk Leak

Ada beberapa hal yang membuat karupuak leak ini terlihat unik dari kerupuk pada umumnya. Salah satunya adalah dilihat dari cara makannya. Anda akan menemukan cara makan yang tidak biasa dari sebuah kerupuk. Karena jika biasanya kerupuk itu selalu kering, untuk yang ini tidak. Ada 2 cara menyantapnya!

Pertama, menyantapnya secara konvensional. Cara ini dilakukan dengan cara menyiramkan satu bagian kerupuk dengan kuahnya, kemudian dimakan langsung. Atau mungkin bisa digigit sedikit-sedikit. Namun, jika menggunakan cara ini, Anda harus siap-siap membuka mulut lebar-lebar.

Jadi, bila menggunakan cara makan seperti ini, sepertinya memang terlihat tidak indah dipandang. Hanya saja, menggunakan cara makan yang konvensional ini terasa lebih asyik dan nikmat. Terlebih untuk anak-anak. Namun, bila Anda ingin terlihat lebih rapi, Anda bisa memotong dulu kerupuknya.

Barulah setelah itu, berikan kuah pada potongan kerupuk tersebut. Sehingga, saat menyantapnya nanti, Anda tidak perlu membuka mulut lebar-lebar. Sedangkan untuk cara yang kedua bisa menggunakan cara memecah kerupuknya dulu. Jadi, potong dulu kerupuknya kecil-kecil.

Setelah itu, letakkan pada piring kecil. Kemudian, siram kerupuk itu dengan kuah balado. Jadi, Anda bisa menyantap karupuak leak ini menggunakan sendok tanpa harus basah-basah. Dengan menggunakan cara makan seperti ini akan membuat Anda terlihat lebih sopan. Hanya Berlanjut dibagian harganya, karupuak leak ini dijual dengan harga yang cukup terjangkau. Jika Anda menjualnya di pinggiran jalan, jajanan ini dijual senilai Rp 2.000, – saja. Namun, bila Anda membelinya di tempat wisata, maka harga kerupuk ini menjadi Rp 3.000, – hingga Rp 5.000, -.

Meskipun kerupuk ini menjadi makanan ringan, namun ternyata kerupuk ini telah melekat di hati semua orang. Kerupuk leak ini adalah jajanan nostalgia khas Minangkabau yang memiliki cita rasa yang sangat menggoda selera. Maka dari itulah, Anda wajib mencobanya saat singgah di Minangkabau.

Bahan dan Cara Membuat Kuah Sate Karupuak Leak

Bahan

1. Tepung beras

2. Air

3. Bawang merah

4. Bawang putih

5. Kunyit

6. Jahe

7. Daun jeruk

8. Ketumbar

9. Garam

10. Gula (kalau suka)

11. Daun kunyit

12. Cabai rawit

13. Cabai merah giling

14. Daun bawang

15. Daun salam

16. Serai

Cara Membuat Kuah Sate Karupuak Leak

1. Haluskan dan campurkan : Bawang merah, bawang putih, jahe, kunyit, daun jeruk, ketumbar, cabe rawit, garam, gula.

2. Campurkan tepung beras dan air hingga tak ada gumpalan.

3. Masak bumbu yg dihaluskan dengan air sampai mendidih.

4. Masukan adonan tepung tadi ke dalam bumbu yg dimasak, tambahkan cabe merah giling, daun kunyit, serai, daun salam dan daun bawang cincang. Masak hingga mendidih sambil diaduk rata.

5. Kerupuknya terbuat dari singkong, kalau untuk mie bisa menggunakan bihun, soun, atau mie goreng.

“Makanan ini tak lekang oleh panas tak lapuk oleh hujan”

Selamat Mencoba

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

search