Mardianis

Saya Anies Piliang dari Paninjauan Solok. Merantau ke Bogor. Alhamdulillah, sudah 30 tahun mengadu nasib di Kota Hujan. Saat ini saya bertugas di SMPN 13 Kota B...

Selengkapnya
Navigasi Web
Alergi (Tantangan Menulis Hari ke 9)TantanganGurusiana

Alergi (Tantangan Menulis Hari ke 9)TantanganGurusiana

Aa..hatcin, Aaachh...hatcin...ghgrrr. Dari sore tadi si ibu setengah baya itu bersin-bersin tak berhenti. Hidungnya terlihat memerah. Sesekali dia menarik hidungnya. Sepertinya ada cairan bening merembes dari hidungnya yang bangir, mengalir hampir sampai ke tepi bibirnya yang ranum.

Ada apa dengannya? Apakah beliau lagi sakit? Kalau kedinginan nggak mungkin juga. Padahal nggak lagi hujan atau pun kehujanan. Mungkin juga beliau lelah. Seharian sibuk dengan rutinitas. Ditambah lagi dengan pekerjaan rumah tangga yang tak pernah ada ujungnya.

"Bu, Ibu sakit?"tanya seorang gadis belia sambil perlahan menghampiri.

"Nggak, Neng,"jawab ibu menyembunyikan wajahnya yang pucat pias bagai bulan kesiangan.

"Dari tadi ibu bersin-bersin terus, Si gadis tiba-tiba meraba dan meletakkan tangannya di dahi ibu, terasa agak hangat. Itu menandakan kalau beliau memang tidak enak badan.

"Neng, tadi siang udara terasa panas sekali, menyengat dan tenggorokan terasa kering. Ibu membeli susu cimory. Tetapi susunya dingin, semua" Ibu mengakuinya.

"Nah, Bu...Ibuuu, Ibu tahu kan? Kalau Ibu itu alergi dengan yang dingin-dingin. Mengapa tetap diminum?" tanya Neng panggilan kesayangan anaknya, Neng sangat menyesalkan tindakan ibu.

"Kalau ibu minum yang dingin-dingin sedikit saja, ibu akan merasa tersiksa beberapa hari ke depannya.

"Iya Neng, ibu tahu, tetapi tenggorokan ini nggak mau mengerti, Neng. "Acchh ibu, ya sudahlah! Sekarang minum obat ini! agar bersin-bersin reda dan melegakan pernafasan. Neng, mengambilkan obat serta segelas air putih kemudian Ibu menelah, mereguknya.

"Ibu sekarang istirahat ya, biar Neng yang menyelesaikan pekerjaan ini.

Ibu memang punya riwayat penyakit alergi dengan dingin.

Bedanya Alergi Dingin dan Sinusitis

Alergi dingin merupakan salah satu jenis alergi yang disebabkan oleh suhu yang dingin, sehingga memicu reaksi alergi pada tubuh. Alergi dingin umumnya menyebabkan gejala berupa bersin, keluar cairan ingus dari hidung, serta hidung tersumbat dan terasa gatal.

Penyakit Sinusitis adalah infeksi dan pembengkakan pada sinus akibat adanya penyumbatan di dalamnya. Gejala sinusitis dapat terjadi secara tiba-tiba dan berlangsung hanya dalam jangka waktu yang pendek (biasanya 4 minggu), dan hal itu biasanya disebut sinusitis akut.

Tidak hanya alergi dengan dingin. Debu dan abu juga memicu kambuhnya penyakit ini. Penyakit itu dideritanya sejak kecil. Kalau musim hujan sedikit, hidungnya langsung mampet. Hal ini akan terjadi hingga beberapa hari ke depan. Pengobatan yang praktis ya, dengan mengosumsi yang hangat-hangat. Minum air hangat. Seduhan wedang jahe juga sangat membantu. Hindari debu dengan rajin membersihkan lingkungan, terutama lingkungan rumah. Nah, yang satu ini jangan sampai lupa, gunakan masker. Istirahat yang cukup, hindari begadang.

Pamoyanan, 23 Januari 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Betul bund. Apalagi skr musim hujan.hrs jaga kesehatan

23 Jan
Balas

Terimakasih, Bun.. Benar sekali, Barakallah

23 Jan

Sedia payung sebelum hujan, Barokallah

23 Jan
Balas

Insyaallah, siap Pak Haji

23 Jan



search

New Post